EMPAT KEUNTUNGAN MENJADI PENULIS LEPAS



Jika anda seorang pekerja yang sedang membutuhkan tambahan dana setiap bulannya lalu kemudian muncul dalam benak anda bahwa menjadi seorang freelancer adalah sebuah jawaban, anda patut baca artikel ini sampai selesai. Kenapa? Karena saya juga merasakan yang sedang anda rasakan.
Awal mula saya terjun ke dunia freelance ini sesungguhnya adalah keisengan semata untuk menambah uang bulanan. Di sisi lain ada gairah yang tak bisa ditahan ingin mengembangkan potensi diri dan ingin lebih produktif. Beberapa situs seperti freelancer, sribulancer dan projects.co.id pernah saya kunjungi untuk melihat peluang apa yang bisa saya kerjakan dengan background pendidikan saya. Akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang content writer.
Dalam satu bulan terakhir ini ada beberapa hal yang menarik dalam menjalani dunia freelance ini.

1.      Banyak baca menambah wawasan
Sebagai seorang content writer yang dituntut untuk membuat sebuah konten yang berisi tentu banyak membaca jadi suatu kewajiban. Pengalaman saya dengan seorang klien yang meminta agar artikel yang dibuat harus selalu menyertakan contoh kasus. Dari situ tentu saja saya perlu membaca tidak hanya satu atau dua sumber saja tapi setidaknya 10 – 20 sumber berbeda. Alhamdulillah hasilnya pun tidak main-main, klien yang satu ini akhirnya menjadi salah satu pelanggan yang loyal karena merasa puas dengan hasil yang dia dapatkan. Tapi bukan hanya itu saja, karena banyaknya sumber yang saya baca, lumayan juga jadi menambah wawasan tentang hal-hal yang sebelumnya bahkan tidak saya ketahui.

2.       Kerja remote
Ya kerja remote memang lah enak, tidak perlu repot mandi pagi atau bermacet-macet ria di jalan toh pekerjaan kita sesungguhnya sudah menanti di layar laptop atau PC kita. Kita bisa kerja bukan hanya saja dari rumah tapi secara harfiah benar-benar dimana saja. Meski sejak saya menjalani ini ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Kerja remote memang tidak perlu ke kantor tapi kesadaran kita akan deadline dan disiplin terhadap diri sendiri sungguh penting. Jika tidak, maka harus segera ucapkan selamat tinggal untuk proyek tersebut yang artinya gagal mengisi pundi-pundi uang.

3.       Waktu yang fleksibel
Salah satu kelebihan menjadi seorang freelancer ialah waktu kerja yang fleksibel. Anda bisa kerjakan proyek anda kapan saja sesuka hati anda. Anda bisa istirahat kapan saja, mungkin mengambil waktu untuk tidur siang sejenak atau nonton film favorit jadi tidak menganggu pekerjaan sama sekali. Untuk yang sudah berkeluarga, bisa jadi keleluasaan waktu kerja ini dipakai untuk membereskan rumah atau mengajak si kecil bermain sambil mencari-cari inspirasi untuk tulisan anda. Pengalaman saya, biasa mengerjakan proyek penulisan artikel selepas Shalat Subuh sampai jam 6 pagi lalu lanjut jam 8 malam hari sampai jam 11. Dalam waktu singkat tersebut saya bisa menyelesaikan sebuah artikel sepanjang 1200 – 1500 kata. Di luar jam tersebut saya bisa melakukan hal lain yang sifatnya produktif juga tetapi tetap tidak mengganggu waktu libur.

4.       Bayaran yang bisa disesuaikan
Jika anda mendapatkan klien ada baiknya melakukan negosiasi di awal agar ketika anda mengerjakan proyek mereka, anda bisa menyesuaikan dengan permintaan mereka. Sebagai contoh salah satu klien saya selalu meminta artikel haruslah memuat setidaknya 1.200 kata. Di awal kerjasama saya tidak menyebutkan angka nominal untuk sebuah artikel tersebut namun kami menyetujui harga standar sebuah artikel dari berbagai sumber di internet. Setelah proyek pertama selesai ternyata klien saya puas dan justru memberi lebih dari standar yang sudah di tetapkan. Kemudian kami bersepakat untuk artikel selanjutnya akan dibayar sesuai dengan standar artikel sebelumnya. Sebagai gambaran, ada beberapa situs penyedia layanan freelancer yang memuat tawaran mulai dari Rp. 10.000 untuk setiap artikel.

Jadi itulah beberapa pengalaman menarik yang bisa saya bagikan dalam tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan jadi inspirasi bagi anda.

Belum ada Komentar untuk "EMPAT KEUNTUNGAN MENJADI PENULIS LEPAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel